Sejarah

Politeknik Jambi didirikan dengan keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor:  102/D/O/2003 pada tanggal 09 Juli 2003 yang diselenggarakan oleh Yayasan Tugu Mandiri Mulya. Sejak tahun 2008 pengelolaannya diambil alih oleh Yayasan Bagimu Negri Jambi. Politeknik Jambi mulai menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2004/2005. Politeknik Jambi semula berlokasi di tengah kota Jambi, tepatnya di Jalan Dewi Sartika No 45-47 Kelurahan Beringin Kecamatan Pasar, Kota Jambi. Kemudian pada saat ini sudah menempati gedung baru yang berlokasi di Jalan Lingkar Barat II Lorong Veteran RT. 04 Kelurahan Bagan Pete kecamatan Kota Baru Kota Jambi. Program Studi Akuntansi merupakan salah satu dari empat Program Studi yang berada di Politeknik Jambi (POLJAM), ditetapkan oleh Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 178/E/O/2013 pada tanggal 07 Mei 2013.

Dalam tiga tahun terakhir Program Studi Akuntansi telah mengalami perkembangan yang signifikan Kondisi Program Studi Akuntansi saat ini dan rencana kedepan sebagai berikut :

  1. Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Meliputi pengembangan kualitas dosen (pelatihan profesi), penyelenggaraan program studi (penyempurnaan /pengembangan kurikulum, pengadaan sarana dan prasarana pembelajaran, peningkatan rasio dosen-mahasiswa melalui penambahan jumlah dosen, peningkatan fungsi pembelajaran dengan e-learning peningkatan kualitas dan pengelolaan laboratorium, kegiatan magang, dan pencapaian rata-rata IPK 3,00, dengan lama studi 3 tahun, waktu penyelesaian tugas akhir berkisar 6 bulan.
  2. Bidang Penelitian, meliputi penyusunan agenda penelitian lima tahun dan pelaksanaan penelitian bidang Akuntansi tiga tahun terakhir rerata 2 judul per tahun, penulisan karya llmiah 2 judul pertahun yang dimuat pada Jurnal yang ada di politeknik jambi
  3. Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat, tiga tahun terakhir meliputi penyusunan agenda pengabdian kepada masyarakat dan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat 1 judul pertahun.
  4. Bidang Kemahasiswaan, lima tahun terakhir meliputi peningkatan jumlah mahasiswa.
  5. Bidang Kerjasama, yang meliputi kerjasama dengan perguruan tinggi di Luar Negri, Perusahaan BUMN dan Swasta, Instansi Pemerintahan dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

 

Berdasarkan rangkuman penjelasan di atas tampak bahwa secara umum maupun khusus Program Studi Akuntansi Politeknik Jambi dapat menjalankan sistem pengelolaan pendidikan dengan baik dan telah menciptakan iklim yang kondusif bagi kegiatan akademis di Program Studi.

Search

Yang Online

We have 50 guests and no members online

Pengunjung


© 2019 Politeknik Jambi. All Rights Reserved.